Sabtu, 21 April 2018 Akademi Akuntansi Keuangan dan Perbankan Indonesia (Akademi AKPI) menyelenggarakan kegiatan Seminar Wajib Mahasiswa dengan tema “Akuntansi Penjaminan”. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Ir. H. Ahmad Rohendi M.Ak yang merupakan Direktur PT. Jamkrida Banten dan dosen di berbagai Perguruan Tinggi khususnya yang berada di Kota Serang. Moderator dalam seminar yang diselenggarakan di Aula Kampus Akademi AKPI ini adalah Neneng Mulyaningsih, SE., M.Akt yang juga merupakan Ketua Jurusan Akuntansi. Seminar ini dihadiri seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi, Dosen serta seluruh Manajemen Akademi AKPI.

Seminar ini membahas peran PT. Jamkrida yang membantu permodalan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Banten untuk mengakses permodalan ke bank atau lembaga keuangan non bank. Sebagai perusahaan penjaminan kredit terbesar yang ada di Provinsi Banten, PT Jamkrida memaparkan bagaimana peran dan fungsi PT. Jamkrida terhadap kontribusi pembangunan dan kontribusi dividen untuk menigkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di Provinsi Banten. Selain itu, PT. Jamkrida memaparkan laporan keuangan tahun 2017 dimana setiap tahunnya mengalami kenaikan yang signifikan dan laporan keuangan mendapat opini wajar dalam semua hal yang material untuk laporan keuangan tahun 2017. Ir. H. Ahmad Rohendi M.Ak mengatakan bahwa ”seminar ini diharapakan menjadi informasi tambahan untuk mahasiswa sebagai wawasan praktis dimana materi kuliah yang sifatnya teoritis”.

“Di Indonesia industri penjaminan masih baru dan sedang berkembang serta tenaga ahli khususnya bidang akuntansi penjaminan akan tinggi kebutuhannya. oleh sebab itu, saya sangat mendukung kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Akademi AKPI tersebut” ujar Ir. H. Ahmad Rohendi, M.Ak yang merupakan lulusan Sarjana Teknik Metalurgi dari Universitas Indonesia dan Magister Akuntansi dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Bagian penting dari seminar ini adalah dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana akuntansi penjaminan kredit membawa dampak yang siginifikan terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya  di Provinsi Banten. Selain itu, seminar ini merupakan agenda rutin seluruh jurusan yang ada di Akademi AKPI dan diselenggarakan setiap tahun akademik. Di tahun sebelumnya, Akademi AKPI juga pernah mengambil tema seminar diantaranya Akuntansi Desa, Tax Amnesty, dan sebagainya yang sesuai dengan isu-isu terhangat.

Print Friendly, PDF & Email