SEMINAR SEHARI GURU BIMBINGAN KONSELING (BK)

0
170

PERAN GURU BK DI ERA INDUSTRI 4.0

=> MATERI  DAPAT  DI  UNDUH  MELALUI  LINK  DIBAWAH  INI <=

(http://aakpi-stekpi.ac.id/materi-seminar-sehari-guru-bk/)

 

Akhir-akhir ini semua lapisan masyarakat “dihantui” oleh datangnya suatu era yaitu revolusi industri 4.0. Revolusi industri ini membawa peluang sekaligus tantangan terutama bagi generasi milenial. Dipandang sebagai peluang karena berkembangnya teknologi informasi memberi kesempatan seluas-luasnya bagi setiap insan untuk mengakses informasi dalam hitungan detik. Revolusi Industri 4.0. Ini merupakan era inovasi disruptif, dimana inovasi ini berkembang sangat pesat, sehingga mampu membantu terciptanya pasar baru. Inovasi ini juga mampu mengganggu atau merusak pasar yang sudah ada dan lebih dahsyat lagi mampu menggantikan teknologi yang sudah ada.

 

Menghadapi tantangan yang besar tersebut maka pendidikan dituntut untuk berubah juga. Termasuk pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Era pendidikan yang dipengaruhi oleh revolusi industri 4.0 disebut Pendidikan 4.0.

 

Melihat penomena tersebut, Akademi AKPI sebagai salah satu  pemerhati perkembangan dunia pendidikan, tertarik untuk turut andil menginspirasi masyarakat dalam mengahadapi era baru pada saat ini, terutama generasi muda penerus bangsa agar lebih cermat memilih pendidikan yang uptodate dari semua segi pendidikannya dan mampu menghantarkan generasi muda mengahadapi zaman pada saat ini. Sasaran kami adalah pendidikan menengah, maka dari itu kami membangun kerjasama dengan guru Bimbingan Konseling (BK) di setiap sekolah menengah di wilayah Banten.

Agar misi kami tersampaikan dengan baik maka pada hari Rabu 16 Januari 2019 kami mengundang Guru BK kabupaten Serang dalam acara seminar dengan tema “ PERAN GURU BK DI ERA INDUSTRI 4.0”. Dipandu oleh Pemateri Bapak Dr. Aip Badrujaman, M.Pd beliau adalah Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling.

 

Pendidikan 4.0 merupakan pendidikan yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran atau dikenal dengan sistem siber (cyber system). Sistem ini mampu membuat proses pembelajaran dapat berlangsung secara kontinu tanpa batas ruang dan batas waktu.

Bapak Dr. Aip mengatakan bahwa “era baru industrilisasi digital mampu memunculkan peluang dan ancaman pada seluruh lapisan masyarakat, salah satu yang menjadi ancaman terbesar adalah era digitalisasi akan menghilangkan sekitar 1  –  1,5 MILIAR pekerja sepanjang  tahun 2015-2020, karena digantikannya posisi manusia dengan mesin otomatis”.

Sebagai garda terdepan dalam dunia pendidikan, Guru harus meng-upgrade kompetensi dalam menghadapi era Pendidikan 4.0, imbuh bapak Dr. Aip dalam seminar.

Peserta didik yang dihadapi Guru saat ini merupakan generasi milenial yang tidak asing lagi dengan dunia digital. Peserta didik sudah terbiasa dengan arus informasi dan teknologi industri 4.0. Ini menunjukkan bahwa produk sekolah yang diluluskan harus mampu menjawab tantangan industri 4.0.

Mengingat tantangan yang besar tersebut, maka Guru BK harus terus memberikan pengarahan, pembelajaran dan motivasi untuk meningkatkan kompetensi peserta didik generasi milenial. Jangan sampai timbul istilah, peserta didik era industri 4.0, belajar dalam ruang industri 3.0, dan diajarkan oleh Guru industri 2.0 atau bahkan 1.0. Jika ini terjadi, maka Guru kita akan terus tertinggal dibandingkan negara lain yang telah siap menghadapi perubahan besar ini. Kualitas Guru harus sesuai dengan performa Guru yang dibutuhkan dalam era industri 4.0.

Oleh karena itu Akademi AKPI berharap dengan dilaksanakannya seminar ini dapat membantu guru Bimbingan Konseling (BK) agar mendapatkan cara pandang baru dalam mengiringi kegiatan pendidikan. sehingga praktek pendidikan di Negeri ini berjalan seirama dengan kebutuhan tenaga kerja di Era Revolusi Digital (Era Industri 4.0). Sinkronisasi seperti inilah yang ingin kami bentuk dengan guru BK, agar misi kami dengan misi pendidikan menengah berjalan seirama.

SALAM SUKSES

AKADEMI  AKPI  SERANG

Berkarir dan Profesional

CALL CENTER

0254-218845

WhatsApp

088 1617 3046  atau  08 7777 688 770