PRESTASI MAHASISWA : JUARA 3 DALAM AJANG “ACCOUNTING FAIR 2019”

0
196

“Accounting Fair 2019” – salah satu ajang lomba debat tentang perpajakan yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi dari Universitas Bina Bangsa yang diselenggarakan pada tanggal 17 November 2019. Kegiatan yang mengangkat tema Tax Challenge For College Students To Enter The Workforce In The Digital Era diikuti oleh berbagai perguruan tinggi swasta di Provinsi Banten. Kegiatan ini dikhususkan bagi mahasiswa jurusan akuntansi yang memahami atau yang telah menempuh mata kuliah perpajakan sebagai persyaratan utamanya.

Akademi AKPI dalam hal ini mengirimkan satu tim untuk ikut serta dalam ajang ini dengan kompetensi yang mumpuni karena mahasiswa yang ikut serta merupakan mahasiswa semester 5 yang telah menempuh mata kuliah perpajakan dan saat ini sedang mengikuti sertifikasi kompetensi pajak brevet A yang merupakan program unggulan di Akademi  AKPI.

“Hal ini lah yang membuat kami yakin mahasiswa dapat memperoleh hasil maksimal walaupun mahasiswa tidak diberikan target apapun” tutur Ketua Jurusan Akuntansi Dendi Afrizal.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, mahasiswa tampil dengan baik dengan penuh keyakinan karena sudah mempersiapkan diri sebelum pertandingan berlangsung, “Kami sudah mempelajari mosi-mosi yang diberikan panitia, sumber referensi, fakta atau isu yang terjadi untuk memperkuat argumen kami” penjelasan Astiyah yang merupakan peserta dari tim Akademi AKPI.

Accounting Fair 2019 ini terdiri dari tiga babak yaitu babak penyisihan, semi final dan final. Pada babak penyisihan, setiap tim mengerjakan soal mengenai perpajakan, 3 tim yang memiliki nilai tertinggi akan terpilih masuk babak semifinal. Alhamdulilah, tim Akademi AKPI berhasil menempati peringkat ketiga nilai tertinggi dan secara otomatis masuk babak semi final.

“Soalnya sulit, kami sempat berbeda argumen sampai detik terakhir, tapi alhamdulilah semua soal bisa terjawab dan bisa masuk semi final” pungkas Mahdi Alatas setelah selesai mengerjakan soal di babak penyisihan.

Di babak semifinal tim Akademi AKPI harus melawan tim dari kampus lain yaitu Universitas Serang Raya dan STIE Al-Khaeriyah. Tim pertama yang harus dihadapi adalah dari Universitas Serang Raya dengan mendapatkan mosi tentang e-commerce dan menjadi tim yang kontra akan kebijakan tersebut. Kemudian tim Akademi AKPI menghadapi tim dari STIE Al-Khaeriyah dengan mosi tentang pembatasan digital tekhnologi dan menjadi tim yang pro dengan kondisi tersebut. Akhirnya, berdasarkan penilaian juri yang berasal dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama, Direktorat Jenderal Pajak dan Dosen Perpajakan Universitas Bina Bangsa, tim yang lolos ke babak final adalah Universitas Serang Raya dan STIE Al-Khaeriyah, dengan kata lain langkah tim Akademi AKPI harus terhenti di babak semifinal dan menjadi juara 3 dalam event ini.

“Alhamdulilah, ini hasil terbaik yang bisa kami berikan” pernyataan Paujiatul Muharomah mahasiswi jurusan akuntansi semester 5 menerima hasil ini dengan lapang dada. Walaupun demikian seluruh sivitas akademika Akademi AKPI memberikan apresiasi yang sangat tinggi bagi mahasiswa mahasiswi yang sudah berjuang sampai babak semi final.

“Ini sudah prestasi yang membanggakan, sukses ya untuk timnya” sambung Yayan Alfian Nugraha memberikan apresiasi melalui sambungan Whatsapp selaku Direktur Akademi AKPI. “Ini merupakan capaian yang luar biasa karena untuk pertama kalinya mendapatkan juara dalam bidang perpajakan tingkat provinsi Banten. Semoga hasil ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk dapat berkontribusi bagi almamater dan mengembangkan potensi diri” Lanjut Direktur Akademi AKPI menambahkan.